Tuesday 1 September 2015



Kue lupis atau kue lopis adalah jajanan nusantara yang termasuk ke dalam kategori kue basah, memang keberadaannya lebih sering ditemani oleh kue-kue basah seperti canil, bugis, dsb.. Kue lupis adalah jajanan tradisional yang asalnya belum diketahui pasti. Ada orang yang mengatakan kue lupis lahir dari kuliner Betawi, namun di Jawa Tengah dan Timur cukup menghormati kue ini, terlihat pada kehadirannya sebagai simbol kerukunan umat pada acara syukuran.

Kue lupis biasa disajikan dengan ketan dan kuah gula merah. Citarasanya yang berkiblat tradisional ini bisa dijajal oleh Anda yang menyukai makanan kebule-bulean. Meski terkesan kuno, sebetulnya, jajanan ini bisa menembus pasar dunia. Karena penyajiannya bisa dalam berbagai rasa: pedas, gurih, dan manis.

Resep Kue Lupis Ketan Tradisional Asli Nusantara

Bila Anda punya jiwa wirausaha, cobalah untuk menjajal menyebarkan jajanan ini. Penyajiannya bisa dirubah dengan menuang saus cokelat, strawberi, ataupun bumbu ikan sarden. Penasaran kan? Tenang, berikut ini Resep Harian berikan cara membuat kue lupis sederhana enak dan gurih.

Bahan utama:

   (+) 1 kg beras ketan
   (+) ¼ butir kelapa, parut
   (+) 200 g gula merah
   (+)Garam secukupnya

Cara Membuat Kue Lupis Enak :

    (+)Masak ketan dengan air hingga setengah matang.
    (+)Bungkus ketan memakai daun pisang. Dulu biasanya orang membentuk bungkusan segitiga (satu sendok makan beras ketan setiap bungkusnya), atau bulat memanjang.
    (+)Bila semua sudah dibungkus, kukus dalam dandang hingga sepenuhnya matang.
    (+)Rebus gula merah hingga menjadi kuah kental.
    (+)Taburi sedikit garam pada kelapa parut.
    (+)Lupis sudah bisa disajikan.

Catatan: Bila kue lupis yang Anda buat berbentuk segitiga, maka bisa langsung dibuka dan dimakan. Tetapi, bila Anda memilih untuk membungkusnya memanjang, potong-potong setebal 1 cm.

Cara penyajian kue lupis tidaklah sulit. Sediakan piring kecil untuk tempat lupis, kemudian teburi kelapa parut dan gula merah yang sudah cair berbentuk kuah kental tadi.

Cara membuat kue lupis memang tidak sulit. Sekali lagi diingatkan, jajanan khas Indonesia ini mempunyai potensi Go International. Orang suka yang unik dan menarik. Kue lupis sekilas tampak sederhana, namun bila dibumbui oleh lapisan cairan yang menarik, atau dengan taburan berbagai macam bahan seperti ayam, maka Anda akan menikmati jajanan bercitarasa menakjubkan yang bisa mengganjal perut.


0 comments:

Post a Comment

    Blogger news

    Blogroll

    clickduit.com